Jenis Jenis Backlink, Kelebihan & Cara Mendapatkannya

Backlink yang sering digunakan para pakar SEO untuk membantu optimasi website di search engine itu tidak hanya 1 jenis lho. Jenis jenis backlink ini beragam serta memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing.

Untuk membuat halaman website naik ke halaman 1 hasil pencarian, kita perlu memilah jenis backlink yang tepat.

Karena ternyata, tidak semua backlink memiliki kemampuan yang sama untuk dapat membawa sebuah web masuk ke halaman 1 search engine.

Supaya anda bisa membuat racikan yang pas agar website lebih mudah masuk ke halaman 1 hasil pencarian, pahami dulu jenis-jenis backlinknya.

Hal yang Membuat Backlink Itu Berbeda-beda

Backlink itu pada dasarnya sama saja, bentuknya link. Cuma akan jadi berbeda jika anda melihatnya dari sisi yang berbeda.

Seperti jika dilihat dari web yang digunakan, maka backlink itu akan terbagi menjadi beberapa hal. Begitu pula dengan jenis ancor text yang dipakai.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang membuat backlink itu berbeda-beda jenisnya:

1. Jenis Website yang Digunakan

Web yang digunakan untuk menamam backlink ini juga bisa membuat backlink itu menjadi berbeda.

Backlink yang dipasang di web media sosial maka jenisnya akan jadi beda dengan web blog personal.

2. Kekuatan yang Diberikannya

Selain itu, kekuatan yang diberikan oleh backlink itu juga bisa membuat backlink itu berbeda pula jenisnya.

Bicara soal ini anda pasti pernah dengan tentang backlink doffolow dan nofollow bukan? Nah power kedua backlink ini berbeda tentunya.

Bagi pemain SEO pasti sudah paham akan hal ini.

Mengenal Jenis Jenis Backlink dan Kelebihannya

Backlink yang digunakan untuk mengoptimasi halaman website guna bisa bersaing di SERP itu ternyata ada banyak sekali jenisnya.

Beberapa jenis backlink tersebut, di antaranya yaitu:

1. Backlink Kontekstual

Kontekstual backlink adalah jenis backlink yang ditanam pada sebuah website berupa konten artikel. Di mana dalam artikel tersebut disisipkan backlink dengan kata kunci yang kita targetkan.

Seperti di blog personal ataupun situs media nasional, ada layanan post artikel backlink. Biasanya kebanyakan media blog itu menggunakan backlink kontekstual.

Arti kontekstual ini juga berkaitan dengan target kata kunci dan konten yang diposting. Misalnya, target kata kuncinya adalah “cara memilih jasa backlink” maka artikel yang dibuat juga tentang jasa backlink atau tentang backlink.

Kontekstual backlink merupakan salah satu jenis tautan paling direkomendasikan. Karena terbilang lebih natural dari pada jenis backlink lainnya.

2. Backlink Komen

Backlink komen merupakan jenis backlink yang disimpan pada kolom komentar dengan menyertakan backlink yang mengarah ke situs kita.

Biasanya ada blog-blog yang mengaktifkan kolom komentar dan memperbolehkan untuk mempromosikan link situs kita disana.

Namun sayangnya, tidak semua blog diperbolehkan untuk memasang backlink di sana. Biasanya admin blog akan menyaring backlink yang masuk di kolom komentar mereka.

Backlink yang dianggap kurang baik (menurut mereka) akan dihapus.

3. Backlink Profil

Baclink profil merupakan jenis backlink yang dipasang pada profil akun anda. Biasanya backlink ini bisa anda temukan di situs forum tertentu yang memperbolehkan penggunanya menyertakan link pada halaman akunnya.

Ada banyak sekali forum yang dapat memberikan backlink. Beberapa di antaranya seperti bersosial.com, detik forum dan lainnya.

Paling banyak sih situs forum luar negeri. Selain authority situs mereka besar, juga banyak yang memperbolehkan kita pasang backlink di sana.

Backlink profil ini sangat bagu digunakan untuk blog yang masih baru ataupun lama. Bahkan di mata Google sendiri, backlink profil ini punya tingkat kepeercayaan yang cukup baik.

Sehingga akan sangat aman ketika kita gunakan untuk melakukan optimasi.

4. Sosial Bookmark

Sosial boomark ini adalah salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk menyimpan banyak sekali backlink. Platform ini kerap kal digunakan pada pelaku SEO untuk spamming backlink guna mencapai target rangking di SERP.

Tidak jarang platform sosial bookmark ini menerapkan syarat yang rumit. Hal ini karena keseringan digunakan tempat spam.

Meski demikian, sosial bookmark ini cukup kuat dan bagus lho digunakan untuk link building. Bahkan masih banyak para pakar SEO yang menggunakannya.

5. Backlink Blogrools

Blogrools adalah jenis backlink yang dipasang pada widget sebuah blog. Biasanya situs yang membuka layanan blogrool akan menaruh backlink di bagian widgetnya.

Backlink ini memiliki power yang cukup kuat untuk meningkatkan authority sebuah situs. Biasanya, reff domain backlink yang dimiliki oleh domain yang digunakan sebagai blogrool akan ikut ke situs yang yang diberikan backlink.

6. Backlink Image

Backlink image merupakan jenis backlink yang dipasang di sebuah situs menggunakan sebuah gambar sebagai ancor text nya.

Backlink image ini kadang digunakan banyak para pakar SEO untuk menanam backlink di media-media besar. Biasanya kan media besar tidak mengizinkan sembarangan menanam backlink.

Dengan menggunakan image, biasanya backlinknya tidak terbaca oleh editornya. Sehingga akan diloloskan. Hal ini sudah sering kali terjadi.

7. Backlink Footer

Backlink footer adalah jenis backlink yang tidak jauh berbeda dengan blogrools. Bedanya, backlink footer ini di simpan di bagian footer sebuah website.

Biasanya backlink footer ini banyak digunakan oleh para developer theme gratis. Nah mereka mendapatkan benefit dari theme yang mereka buat ini adalah dari backlink footer ini.

Anda juga bisa mendapatkan backlink ini dengan cara bekerja sama dengan pemilik website tersebut.

8. Guestbook Backlink

Guest post adalah jenis backlink yang kita tanam di situs tertentu dengan mengirimkan artikel berisi backlink. Biasanya ada beberapa blog yang membuka layanan guest post ini.

Hal paling keren dari backlink ini sifatnya gratis. Cukup dengan mengirimkan artikel original berisi backlink saja, anda akan mendapatkan backlink gratis.

9. Image Sharing Backlink

Backlink ini adalah jenis backlink dimana anda harus berbagi gambar di situs tertentu, anda akan mendaptakan backlink di sana.

Ada banyak situs berbagai gambar yang bisa anda manfaatkan. Namun platformnya tidak akan saya bagikan di artikel ini, hehe.

Next time akan saya kumpulkan sumber backlink image yang bisa anda manfaatkan untuk membuat backlink.

10. Dokumen Sharing Backlink

Selain image, ada juga situs yang bisa anda gunakan untuk berbagi file dokumen tertentu. Biasanya, dokumen yang dimaksud adalah dokumen karya ilmiah.

Situs-situs ini akan memberikan backlink ke situs anda. Backlink ini cukup powerfull, karena flatform yang digunakan ini memiliki authity yang tinggi.

Cara Mendapatkan Backlink Gratis

Setelah anda tahu jenis jenis backlink di atas, pasti akan timbul pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan backlink-backlink di atas?

Anda mungkin sudah tahu jawaban simpelnya, YA membelinya.

Namun selain itu, anda juga bisa kok mendapatkanya secara gratis dengan menggunakan beberapa cara berikut:

1. Membuat Konten Berkualitas & Lengkap

Pertama, anda bisa dengan membuat konten artikel berkualitas dan lengkap di blog anda. Artikel yang bagus, lengkap dan berkualitas pastiii akan mendapatkan rujukan dari situs lainnya.

Buatlah konten yang bermanfaat, informatif, dan juga lengkap. Berikan informasi baru di dalam konten yang anda buat.

Konten terbaik akan dijadikan rujukan terbaik oleh banyak situs lainnya.

2. Lakukan Guest Post

Cara kedua, anda bisa lakukan guest post. Cukup siapkan saja artikel berkualitas, kemudian anda sisipkan backlink di artikelnya.

Cari blog yang membuka layanan guest post. Atau anda kirim email ke situs tertentu untuk pasang guest post.

3. Bertukar Backlink dengan Blog Lain

Cara ketiga, anda tukar backlink dengan situs blog lain. Artinya, anda pasang post backlik di blog orang lain dan orang lain pasang backlink pula di blog anda.

Namun hati-hati menggunakan cara ini. Jangan sampai anda pasang backlink 2 arah di blog yang sama.

Contohnya: Anda pasang artikel di blog si A, dan si A pasang backlink di blog anda.

Harusnya, anda punya 2 blog, orang lain pasang di blog B anda dan anda pasang di blog A dia. Jangan pasang tautan backlink satu arah (saling tertaut antar domain).

4. Gunakan Jasa Backlink

Cara terakhir, anda bisa gunakan jasa backlink. Ini adalah acara paling instan untuk mendapatkan backlink dengan cepat.

Bahkan anda bisa mendapatkan backlink apapun dengan lebih mudah. Tidak percaya? Gunakan saja layanan backlink dari Gudangbacklink.com.

Pilih paket backlink yang anda butuhkan sesuai dengan keinginan dan buadget yang anda miliki. Silahkan kamu chat admin kami.

Konsultasi